Senin, 06 Desember 2021

Yuk Kenalan dengan Berbagai Buah yang Baik untuk Asam Urat, Dijamin Penyakit Hilang!


Bagi para penderita asam urat, sangat dianjurkan untuk mengatur pola makan dengan baik. Pola makan yang baik tersebut dilakukan agar jaringan sendi dapat berfungsi secara optimal. Selain itu, penderita asam urat harus memakan buah untuk mencegah serangan nyeri yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Berikut rekomendasi buah yang baik untuk asam urat.

Buah untuk mengatasi Asam Urat

1. Sirsak

Dalam buku terapi jus untuk rematik dan asam urat yang ditulis oleh dr. Prapti Utami dan Tim Lentera pada tahun 2004 menjelaskan bahwa setiap 100 gram buah sirsak mengandung 1 gram protein, 16,3 gram karbohidrat, 0,3 gram lemak, 14 mg kalsium. Selain itu, sirsak juga mengandung 27 mg fosfor, 2 gram serat, dan 0,6 mg zat besi. 

Sirsak dilengkapi dengan kandungan Vitamin B1, Vitamin A, Vitamin B2, dan Vitamin C. Kandungan Vitamin C pada sirsak berperan sebagai antioksidan dan menghambat produksi enzim xanthine oxidase yang dapat menghambat pembentukan asam urat. Selain itu, buah yang baik untuk asam urat dapat digunakan untuk mengobati batu empedu, meredakan sembelit, dan menambah nafsu makan. 

2. Stoberi

Satu cangkir irisan stroberi dapat menyediakan 89 mg vitamin C. Kandungan vitamin C dalam buah strawberry juga dapat digunakan sebagai antioksidan untuk menekan pembentukan asam urat sehingga menurunkan kadar asam urat. Selain itu, stroberi juga memiliki kandungan asam pantotenat atau vitamin B5. Ini membantu memecah asam urat dan meningkatkan ekskresi urin.

3. Semangka

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, MS dan Yuni Harlinawati pada tahun 2008 dan dituangkan dalam buku terapi jus untuk rematik dan asam urat menyebutkan bahwa air semangka bisa digunakan untuk membuang kelebihan asam urat dari dalam tubuh. Semangka yang memiliki efek diuretik alami (meningkatkan aliran urin tanpa membebani ginjal).

Selain itu, kandungan airnya juga dapat memecah asam urat dan meningkatkan kadar darah. Untuk mengobati asam urat, semangka bisa dikonsumsi dengan cara dibuat jus dan diminum secara rutin dua kali sehari. Sebagai petunjuk, lebih baik makan semangka daging merah daripada semangka kuning. Karena buah yang baik untuk asam urat ini mengandung banyak likopen .

4. Jeruk

Buah jeruk juga mengandung vitamin C dan vitamin B5 untuk membantu melawan asam urat. Kandungan vitamin C pada jeruk sebenarnya cukup tinggi. Anda dapat memenuhi kebutuhan hingga 70 mg vitamin C atau sekitar 78 persen pada jeruk ukuran sedang. Kandungan vitamin C sangat membantu dalam menekan produksi asam urat dan menurunkan kadar asam urat. 

5. Kiwi

Kiwi adalah buah yang kaya akan vitamin C. Kiwi dikemas dengan 71 mg vitamin C. Anda dapat memenuhi hingga 79 persen kebutuhan vitamin C harian tubuh. Kandungan vitamin C pada buah kiwi dapat digunakan untuk mengurangi produksi asam urat tubuh. Manfaat vitamin C yang mengandung antioksidan juga membantu menekan produksi enzim xanthine oxidase.

Enzim Tersebut dapat menekan pembentukan asam urat dan menurunkan kadar asam urat. Selain kaya akan vitamin C, kiwi juga kaya akan vitamin E. Satu buah yang baik untuk asam urat ini berukuran sedang mengandung 1,0 mg Vitamin E atau dapat menutupi hingga 7% dari kebutuhan harian Vitamin E. 100 gram buah kiwi sekarang dapat memenuhi hingga 10 persen dari kebutuhan vitamin E harian Anda. 

Masih banyak berbagai buah lainnya yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi asam urat. Penyakit ini umumnya dialami oleh lansia. Meskipun telah mengetahui berbagai buah yang dapat dimanfaatkan sebagai alternatif pilihan, anda tetap harus rutin mengkonsultasikan kesehatan kepada dokter dan meminum resep yang dianjurkan.