Rabu, 22 September 2021

Mengenal Cara Kerja Air Suspension Pada Mobil

Mengenal Cara Kerja Air Suspension Pada Mobil

Perlu Anda ketahui, suspensi merupakan salah satu bagian pada kendaraan yang berfungsi meredam hentakan. Umumnya suspensi sendiri memerlukan sebuah udara atau air  untuk berfungsi dengan baik. Nah, berikut ini kami akan coba jelaskan cara kerja air suspension pada kendaraan yang jarang diketahui.

Tugas dari suspensi yaitu menahan guncangan. Meski begitu, saat ini suspensi juga dibuat untuk berbagai fungsi lain dengan cara kerja yang tergolong berbeda-beda. Bahkan suspensi juga sudah menggunakan teknologi masa kini. Artinya, teknologi suspensi saat ini lebih baik.

Prinsip Dasar Air Suspension

Tipe air suspension saat ini mengganti prinsip kerja sistem suspensi per baja. Konsepnya yaitu dengan mengganti baja dengan bantalan udara. Dengan menggunakan udara, Anda bisa mengatur tingkat kekerasannya menjadi lebih fleksibel.

Suspensi udara sendiri yaitu terdiri dari kompresor, berbagai jenis selang, tabung udara, dan juga suspensi itu sendiri. Semua komponen-komponen tersebut biasanya akan saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya.

Perbedaan Suspensi Udara dan Suspensi Baja

Suspensi udara sendiri merupakan salah satu teknologi terbaru dari suspensi baja. Perbedaannya bahkan tidak hanya dari segi materialnya saja. Perbedaan yang paling signifikan dari materialnya yaitu sistem suspensi udara umumnya sudah terkomputerisasi.

Suspensi udara bahkan dinilai jauh lebih akurat dibandingkan dengan jenis suspensi zaman dulu atau suspensi baja. Suspensi yang jauh lebih modern tersebut juga secara otomatis akan disesuaikan dengan gaya berkendara dan kondisi jalan.

Fungsi Suspensi Udara

Pada dasarnya, baik itu suspensi udara maupun baja, keduanya memiliki fungsi yang sama. Namun, suspensi udara lebih modern dibandingkan jenis suspensi baja. Berikut kami jelaskan fungsinya.
  • Digunakan oleh kebanyakan modifikator untuk mobil kesayangannya. Karena suspensi udara mampu mengubah penampilan mobil menjadi lebih bagus terutama dalam aliran stance.
  • Mampu memberikan kenyamanan ekstra pada saat berkendara baik itu untuk pengemudi maupun penumpang. Selain itu, suspensi udara juga memiliki kemampuan auto leveling.
  • Suspensi udara bisa menyesuaikan kontur jalan. Selain itu juga mampu memenuhi kebutuhan mobil yang berdampak positif pada handling mobil pada saat Anda menggunakannya.
Itulah berbagai cara kerja air suspension yang umumnya kini sudah menjadi suspensi terbaru dari yang dikeluarkan pabrikan mobil.