Senin, 27 September 2021

5 Manfaat Sering Mengonsumsi Terong Ungu

5 Manfaat Sering Mengonsumsi Terong Ungu

Bagi Anda yang gemar mengonsumsi sayur-sayuran tentunya tidak akan asing dengan buah terong atau terong. Meskipun tergolong sebagai buah-buahan, faktanya banyak orang yang lebih sering menggunakan dan mengolah buah ungu satu ini sebagai sayur untuk dimakan bersama nasi. 

Banyak sekali masakan-masakan yang menggunakan terong sebagai salah satu bahannya. Contoh mudahnya saja ialah sayur lalapan, tumis terong kecap dan juga terong balado. Terong ungu merupakan varian yang paling banyak digunakan dan disukai masyarakat Indonesia. Ternyata jenis terong ini punya banyak manfaat bagi tubuh.

Manfaat Terong Ungu Bagi Kesehatan

Banyak orang yang gemar mengonsumsi terong ungu serta sangat banyak juga olahan makanan berbahan dasar buah ini yang dijual di mana-mana. Faktanya buah yang sering menjadi lauk makanan ini memiliki banyak manfaat yang bagus serta baik untuk kesehatan tubuh manusia jika dikonsumsi dengan rutin dan porsi yang pas. Berikut ialah beberapa manfaat baik dari terong ungu yang berguna bagi kesehatan manusia:

1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Terong ungu berkhasiat untuk membantu mengontrol kadar dari gula darah di tubuh Anda. Hal ini disebabkan oleh kandungan serat yang dimilikinya. Serat tersebut berguna untuk menghambat penyerapan gula serta memperlambat pencernaan di perut.

Dengan lambatnya penyerapan itu, maka kadar gula dalam tubuh akan lebih stabil serta terhindar dari penyakit yang bisa menyerang tubuh. Karena itulah terong baik untuk menjadi salah satu dari bagian menu makanan harian yang akan Anda konsumsi.

2. Menurunkan Risiko Serangan Jantung dan Cegah Kanker

Dengan mengonsumsi terong secara rutin maka Anda juga sekaligus membantu tubuh agar terhindar akan risiko terkena serangan jantung serta kanker mematikan. Ada banyak kandungan baik di dalam sebuah terong yang mampu mencegah hal tersebut.

Vitamin C, fitonutrien, kalium, serat serta vitamin B6 yang dimilikinya dapat membantu merawat kesehatan jantung serta memperlancar peredaran darah tubuh. Sehingga berbagai penyakit yang berhubungan dengan organ jantung bisa dihindari.

3. Bantu Berdiet

Bagi Anda yang tengah bersiap untuk melakukan diet, maka buah terong bisa menjadi salah satu opsi makanan yang bisa dijadikan menu masakan. Terlepas dari rasanya yang enak, terong juga bisa membantu diet Anda.

Dengan kandungan seratnya yang tinggi dan memiliki kalori yang rendah, maka terong bisa menjadi pilihan ideal untuk dikonsumsi menggantikan bahan pangan lain yang memiliki kalori yang lebih tinggi dan bisa menyebabkan diet yang dijalani menjadi gagal.

4. Menjaga Kesehatan Hati

Hati merupakan organ penting dalam tubuh dan sangat perlu untuk dijaga kesehatannya. Anda dapat menjaga kesehatan hati dengan konsumsi terong setiap hari atau beberapa hari sekali.

Buah yang sering menjadi lauk ini memiliki kandungan antioksidan dan yang paling utama adalah anthocyanin. Kandungan ini dapat membantu melindungi hati dari beberapa jenis racun yang bisa menyebabkan penyakit hati yang berbahaya.

5. Menjaga Kadar Kolesterol dalam Darah

Ada sebuah penelitian yang menggunakan hewan untuk menguji apakah jus terong dapat membuat kadar kolesterol menjadi turun atau tidak. Ternyata, hasilnya sangat baik dan mampu menurunkan kolesterol. Hal ini berasal dari kandungan  bernama asam klorogeniknya yang mampu menurunkan kolesterol. Namun, masih harus dilakukan penelitian lebih lanjut akan manfaat terong yang satu ini.

Di atas ialah beberapa manfaat serta khasiat baik dari terong ungu yang mungkin bisa membantu Anda yang tengah mencari informasinya. Akan lebih baik jika Anda mengonsumsi lauk satu ini secara rutin serta tetap dengan menggunakan porsi yang pas untuk dikonsumsi.