Senin, 12 Juli 2021

Ingin Beli Mobil? Berikut 5 Langkah Test Drive Sebelum Deal

Ingin Beli Mobil? Berikut 5 Langkah Test Drive Sebelum Deal

Test drive merupakan salah satu langkah yang perlu dilakukan sebelum anda membeli sebuah kendaraan. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa mobil tersebut mampu memberikan sensasi berkendara seperti yang anda inginkan. Meskipun anda ditemani oleh layanan inspeksi mobil, bukan berarti tahapan ini bisa ditinggalkan. Berikut uraian tentang tahapan test drive. 

Langkah Langkah Test Drive Sebelum Membeli Mobil

1. Mengatur Posisi Tempat Duduk

Sebelum melakukan test drive, anda harus menyesuaikan posisi kursi sehingga terasa nyaman. Langkah ini penting karena anda juga akan mengetahui bagaimana kecocokan kursi dengan kebiasaan anda jika berkendara. Anda bisa mencoba menyesuaikan sandaran jok dengan menggunakan tombol yang ada di sekitar kursi. 

Kemudian sesuaikan pula ruang kaki sehingga anda merasa nyaman saat menginjak pedal. Apabila kesulitan, anda bisa bertanya kepada pemilik kendaraan yang sebelumnya. Bisa saja anda yang tidak terbiasa menggunakannya sehingga terasa sulit. Anda juga bisa mengetahui apakah fungsi pengaturan kursi ini dalam kondisi baik atau memiliki kecacatan. 

2. Menyalakan Mesin

Sebelum jalan, anda juga perlu memutar kunci ke posisi on dan jangan buru buru menjalankannya. Anda dan jasa inspeksi mobil bekas perlu melihat apakah setiap lampu indikator mati atau tidak. Jika semuanya mati, barulah stater kendaraan tersebut. Apabila ada yang menyala, artinya kendaraan itu sedang bermasalah.

Mesin yang terdengar kasar dan tidak sesuai dengan tahun pembuatannya menjadi indikator bahwa kendaraan tersebut memiliki kerusakan. Setiap pabrik mobil pasti sudah menetapkan standar waktu pakai kepada masing masing kendaraannya. Apabila mesinnya rusak, maka ada riwayat pemakaian yang kurang baik dari pemakai sebelumnya.

3. Memperhatikan Suara Deru Mesin

Setelah mesin menyala, coba turunkan jendela mobil dan dengar baik baik bagaimana suara mesin yang keluar. Pastikan bahwa mesin tersebut tidak mengeluarkan suara yang aneh dan terdengar normal. Hal ini penting dilakukan saat mesin kendaraan masih dalam kondisi dingin karena suara aneh yang muncul di saat ini bisa menjadi indikasi mesin bermasalah. 

apabila anda merasa suara mesin tidak normal, lebih baik segera komunikasikan kepada staf jasa inspeksi mobil bekas. Mereka akan membantu anda untuk memeriksa sekali lagi kelayakan mesinnya. Anda juga perlu bertanya kepada penjual mobil mengapa suara tersebut muncul. Tanyakan pula sejak kapan suara mesinnya menjadi seperti itu. 

4. Periksa Kenyamanan Transmisi

Tahapan keempat yang harus dilakukan adalah dengan memeriksa transmisi sebelum menjalankannya. Pindahkan tuas transmisi ke setiap posisi yang ada. Pastikan tidak ada hentakan yang keras setiap kali memindahkan transmisi. Pastikan pula tidak ada jeda yang lama saat anda menggeser tuas ke posisi yang lain. 

Sedangkan untuk transmisi manual, anda harus memeriksa kenyamanan perpindahan transmisinya dengan baik. Jangan sampai anda membeli kendaraan yang tuas transmisinya mudah slip atau tersangkut. Selain itu periksa pula bagian koplingnya apakah terasa nyaman atau tidak saat diinjak. Hal tersebut penting karena kopling memegang fungsi penting pada mobil manual. 

5. Lakukan Test Drive

Setelah memeriksa transmisi, anda ditemani oleh layanan inspeksi mobil bekas beserta pemilik mobil bisa menjalankan kendaraan tersebut. Jangan lupa untuk gunakan sabuk pengaman terlebih dahulu. Biarkan kaca kendaraan terbuka dan koeksi apakah ada suara aneh yang timbul saat berjalan atau tidak. Pastikan pula bahwa rem berfungsi dengan baik. 

Begitulah tahapan test drive yang perlu anda lakukan. Langkah langkah tersebut akan membantu anda untuk mengetahui bagaimana performa kendaraan saat digunakan. Apabila anda adalah orang yang awam tentang mobil, tidak ada salahnya untuk meminta bantuan Otospector. Mereka akan memastikan bahwa anda membeli kendaraan bekas yang layak.