Senin, 18 Januari 2021

Bisakah Oli Mesin Mobil Digunakan untuk Motor Matic?

Bisakah Oli Mesin Mobil Digunakan untuk Motor Matic?

Oli memiliki peran yang sangat penting pada kendaraan. Sebab, cairan ini berguna untuk melumasi setiap komponen mesin agar kendaraan dapat bekerja dengan baik. Selain itu, oli juga berguna untuk membuat mesin tidak cepat panas. Maka dari itu, menggunakan oli motor terbaik untuk matic Indonesia perlu Anda lakukan agar mesin motor matic Anda senantiasa prima. Meski begitu, segelintir orang memiliki anggapan bahwa oli motor matic bisa digantikan dengan oli mobil. Bagaimanakah fakta-fakta tentang hal ini? Simak ulasannya dalam artikel berikut! 

Manfaat mengganti oli motor matic dengan oli mobil

Mungkin hal ini cukup mengejutkan Anda, khususnya bagi para pecinta dunia otomotif yang selalu mengedepankan kualitas oli untuk kendaraan matic roda dua. Namun, kenyataannya benar bahwa oli motor matic bisa digantikan dengan oli mobil. Alasan utamanya adalah keuntungan pada performa kendaraan. Ya, penggunaan oli mobil sebagai substitusi oli motor matic dapat meningkatkan performa motor Anda. Perbedaan signifikan yang akan terasa adalah tarikan mesin motor matic cenderung menjadi lebih ringan. Selain itu, suara mesin motor matic juga semakin halus dan pastinya getaran juga semakin berkurang. 

Meski begitu, penggantian oli motor matic dengan oli mobil tidak bisa dilakukansesuka hati. Pasalnya, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar oli mobil tersebut bisa memberikan keuntungan pada kendaraan roda dua Anda. 

Salah satu hal penting yang dimaksud di atas adalah tingkat kekentalan atau viskositas oli. Untuk mengganti oli motor matic dengan oli mobil, Anda harus menggunakan pelumas dengan viskositas yang sama. Dengan begitu, manfaat oli seperti tarikan mesin yang ringan serta suara mesin yang lebih halus dapat Anda rasakan. 

Memakai oli mobil dengan tingkat viskositas yang sama dengan oli motor matic juga dapat menghindarkan kendaraan Anda dari gangguan pada mesin dan sirkulasi oli yang tidak merata. Maka dari itu, ada baiknya Anda memilih oli mobil dengan viskositas di angka 40 atau lebih.

Demikianlah ulasan tentang fakta serta untung-rugi mengganti oli motor matic dengan oli mobil. Memang, manfaat baik bisa Anda dapatkan. Namun, trik ini harus dilakukan berdasarkan ketentuan yang ada, ya. Semoga bermanfaat.

Reaksi: