Senin, 07 Desember 2020

Merawat Kendaraan Selama Pandemi, Apa Saja yang Perlu Dilakukan?

Merawat Kendaraan Selama Pandemi, Apa Saja yang Perlu Dilakukan?

Pandemi membuat aktivitas di luar ruangan menjadi berkurang, termasuk juga intensitas penggunaan mobil. Misalnya saja biasanya Anda menggunakan mobil untuk pergi kerja setiap hari. Namun sekarng Anda hanya pergi kerja 2 atau 3 hari dalam seminggu. Atau bahkan full WFH sejak pandemi. Akibatnya, mobil menjadi lebih banyak terparkir di garasi dan sering kali terlupakan dalam hal perawatannya. Asuransi kendaraan bermotor memang dapat menanggung terjadinya masalah termasuk kerusakan pada mobil. Namun, bukan berarti Anda jadi mengabaikan masalah ini.

Kalau begitu, apa saja yang perlu Anda lakukan untuk merawat mobil selama pandemi? Simak tipsnya berikut ini, ya!

1. Cek kondisi ban 

Mobil yang terlalu lama diparkir berarti bannya akan terus-terusan bertumpu pada satu titik. Efeknya, penampang ban jadi tak lagi standar. Karena itu, Anda perlu rutin cek tekanan udara pada ban. Dan lebih bagus lagi kalau Anda memiliki alat pompa ban portabel sendiri di rumah. Di samping itu, Anda bisa bawa mobil keluar sebentar saja untuk menjaga kontur ban. Tak usah pergi jauh, karena mengelilingi kompleks perumahan Anda sudah cukup kok asal dilakukan secara rutin.

2. Periksa rem agar tak berkarat 

Ketika mobil lama tidak digunakan, risiko munculnya karat pada rem dapat terjadi. Bukan hanya itu saja, risiko rotor dan kampas rem menempel erat juga timbul. Untuk mencegah risiko masalah pada rem mobil, caranya serupa dengan tips menjaga kondisi ban, yaitu dengan mengemudikan mobil mengelilingi area rumah sesekali demi menjaga kondisi rem – seminggu sekali pun sudah cukup.

3. Rutin cek kondisi aki 

Aki bagi mobil bisa dibilang merupakan “nyawa” karena perannya yang sangat penting dalam menunjang komponen kelistrikan kendaraan. Sayangnya, jika mobil lama tidak digunakan, aku bisa mengalami pengurangan daya (discharging) dengan sendirinya, yang berdampak pada berkurangnya daya ketika mobil digunakan kembali. Untuk mencegahnya, Anda perlu mengecek kondisi aki secara berkala untuk memeriksa kadar kandungan acid pada konektor aki. Sebab, kandungan acid yang terlalu tinggi bisa mengganggu kinerja aki.

4. Rutin panaskan mobil 

Siapa bilang mobil hanya perlu dipanaskan kalau akan dipakai? Meskipun mobil Anda saat ini lebih sering di garasi, Anda tetap perlu memanaskannya, lho! Tujuannya adalah untuk mencegah pengendapan oli mesin maupun transmisi, dan cairan pendingin. Memanaskan kendaraan juga bisa mencegah timbulnya karat karena penguapan BBM di dalam tangki dalam jangka panjang. Anda cukup panaskan mobil selama kira-kira 3 menit saja sebanyak 2-3 kali seminggu. Ini juga merupakan cara efektif untuk memperpanjang usia pakai aki.

5. Bersihkan kendaraan 

Dengan membersihkan mobil di luar maupun kabin, Anda juga bisa sekaligus melakukan pengecekan yang lebih menyeluruh. Salah satunya adalah memastikan bahwa mobil tidak menjadi “rumah” bagi hama seperti tikus dan kecoa.

Ternyata, mengecek kondisi dan merawat mobil selama pandemi tidak sulit, kan? Setelah dibaca, pastikan Anda juga menerapkannya agar mobil selalu berada dalam kondisi prima dan tidak rusak, ya! 

Reaksi: